Anda berada di sini: Beranda  »  Profil  »  Berita

Detil Berita


Terkait Corona, KADIN DKI Minta Tak Semua Sektor Usaha Lockdown

Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Provinsi DKI Jakarta menanggapi terkait wacana kebijakan mengunci (lockdown) daerah yang diduga menjadi pusat penularan virus Corona (COVID-19). Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta kini tengah mempertimbangkan opsi melakukan lockdown wilayah Jakarta.

Ketua Umum KADIN DKI Jakarta Diana Dewi mengatakan, pihaknya mengajak seluruh pengusaha untuk bersatu bersama pemerintah daerah dalam menangani COVID-19. Meski begitu, ia meminta kepada pemerintah daerah untuk tidak memukul rata sektor usaha dalam kebijakan tersebut.

"Apabila Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan isolasi/lockdown terhadap wilayah yang menjadi pandemi Virus Covid-19, maka pengusaha meminta ini tidak disamaratakan bagi semua sektor," ujar Diana, dalam keterangan tertulis, Minggu (15/3/2020).

Hal itu disampaikannya dalam forum yang dihadiri 52 perwakilan organisasi Anggota Luar Biasa Kadin DKI Jakarta dan beberapa pengusaha retail di Provinsi DKI Jakarta. Forum tersebut diinisiasi oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta.

Diana melanjutkan, Pemprov DKI Jakarta bisa membagi kelompok usaha yang terdiri dari tiga klaster, yaitu kelompok perusahaan atau layanan publik yang harus tetap berjalan mengingat sangat dibutuhkan masyarakat. Kemudian kelompok perusahaan yang dapat meliburkan sebagian karyawannya dengan pertimbangan bahwa perusahaan harus dapat tetap berjalan walau secara minimal.

Terakhir, kelompok perusahaan yang benar-benar total perusahaan semua karyawan beraktivitas di rumah. Pertimbangan ini mengingat bahwa pekerjaan yang mereka lakukan dan infrastruktur perusahaan memungkinkan untuk dibuat protocol kerja jarak jauh.

"Saat ini memang kondisi yang sangat berat untuk kita alami, akan tetapi KADIN DKI Jakarta percaya kita dapat segera lalui dengan baik. Untuk itu kami menggugah dunia usaha untuk dapat Bersatu Bersama Pemerintah Daerah mengatasi kondisi ini. Dengan mengikuti beberapa instruksi dan imbauan yang disampaikan," pungkasnya.

Logo 4
Logo 6
Logo 7
Logo 8
Logo 10
Logo 11
Logo 12
Logo 13
Logo 14
Logo 15
Logo 16
Logo 1
Logo 2
Logo 3