Anda berada di sini: Beranda  »  Profil  »  Berita

Detil Berita


KADIN DKI Jakarta Melaksanakan RAPIMPROV I 2020

INFO BISNIS — Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) DKI Jakarta menggelar Rapat Pimpinan Provinsi (RAPIMPROV) I 2020 dengan mengambil tema: “Mengembangkan Potensi Ekonomi Baru di Provinsi DKI Jakarta Pasca Perpindahan Ibukota Negara” dan sub tema: “KADIN Bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Bersinergi Mewujudkan Jakarta sebagai Pusat Bisnis, Jasa, Perdagangan, dan Pariwisata”.

Ketua umum KADIN DKI Jakarta, Diana Dewi, mengatakan tema ini ditetapkan dengan pertimbangan, sesuai rencana Presiden Joko Widodo yang akan melakukan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur. “Pemindahan ibu kota ini tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024,” ujarnya.

Dengan berpindahnya ibu kota negara ke Kalimantan Timur, maka DKI Jakarta akan berkembang menjadi pusat bisnis dan perekonomian nasional. “Mengingat didaerah sekitarnya berkembang industri manufaktur. KADIN DKI Jakarta berharap rencana ini dapat dipersiapkan secara matang agar dapat diantisipasi dampak yang ditimbulkan dapat diminimalisasi, mengingat Kota Jakarta penyumbang PDRB terbesar,” kata Diana.

Pelaksanaan RAPIMPROV KADIN DKI Jakarta tahun ini menghadapi beberapa isu perekonomian yang harus bisa diantisipasi kalangan dunia usaha provinsi DKI Jakarta. Selain tekanan perekonomian global pada tahun 2020, hal ini juga diperparah dengan mewabahnya virus corona (Covid-2019), yang telah ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjadi kasus darurat global.

Terkait dengan isu ini perlu adanya beberapa langkah kongkret dan antisipatif dari pemerintah untuk meredam gejolak yang terjadi di masyarakat sehingga tidak berimbas pada sektor-sektor lain. Selain itu KADIN DKI Jakarta juga menggugah kepedulian dari kalangan dunia usaha untuk bersama pemerintah melaksanakan beberapa langkah menangani keadaan darurat global ini,” ujar Diana. (*)

Logo 4
Logo 6
Logo 7
Logo 8
Logo 10
Logo 11
Logo 12
Logo 13
Logo 14
Logo 15
Logo 16
Logo 1
Logo 2
Logo 3