Kenali Gejala Gangguan Batu Ginjal

Kenali Gejala Gangguan Batu Ginjal

22-05-2015 (617 views)

- Penyakit batu ginjal merupakan salah satu gangguan urologi pada pria yang cukup banyak dijumpai. Spesialis Urologi dari RSU Bunda Menteng Jakarta, Sigit Solihin menjelaskan, batu ginjal merupakan kristalisasi mineral urin yang terjadi di dalam ginjal. "Terbentuknya batu disebabkan karena kurangnya volume urine atau penumpukan zat-zat dalam saluran kemih. Jenis batu yang biasa dijumpai antara lain kalsium oksalat, fostat, asam urat, struvit, dan juga sistin," ujar Sigit di Jakarta, Kamis (11/12). Kekurangan cairan karena kurangnya konsumsi air putih dan kebiasaan menahan buang air kecil menurutnya dapat mempercepat pembentukan batu di saluran kemih. Gejala yang timbul umumnya berupa nyeri pinggang hebat, mual dan muntah, kencing berdarah, demam, dan rasa nyeri saat berkemih. "Namun pada beberapa kasus, batu ginjal juga sering tidak menimbulkan gejala," kata Sigit. Ia menjelaskan, penanganan untuk batu saluran kemih antara lain dengan terapi konvensional menggunakan obat-obatan, laser atau ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy) dan juga pembedahan. Cara lainnya adalah dengan teknik PCNL (Percutaneous Nephrolithotomy), yaitu menghancurkan batu ginjal dengan bantuan alat endoskopi yang dimasukkan ke dalam ginjal melalui sayatan kecil pada kulit di daerah pinggang.

6 Manfaat Air Lemon Hangat di Pagi Hari

6 Manfaat Air Lemon Hangat di Pagi Hari

20-05-2015 (677 views)

Mulai hari ini coba Anda pertimbangkan untuk mengonsumsi air lemon hangat, sebab memiliki banyak manfaat kesehatan. Berikut rangkuman beberapa manfaat air lemon hangat: 1. Membantu Pencernaan Air hangat bisa merangsang kerja saluran pencernaan, tetapi lemon diyakini mampu merangsang saluran pencernaan dan memurnikan fungsi hati. Lemon juga membantu mengenyahkan asam dalam pencernaan. 2. Mendukung Fungsi Kekebalan Tubuh Lemon memiliki kadar vitamin C dan asam askorbat yang tinggi. Vitamin C dapat membantu memerangi flu, dan dan asam askorbat membantu penyerapan zat besi, yang juga berperan dalam fungsi kekebalan tubuh. 3. Bersifat Alkali Tubuh Jika tubuh Anda berada dalam ketidakseimbangan pH kronis, maka akan rentan terhadap penyakit. Meskipun lemon asam, namun mampu menjadi alkali dan mampu menyeimbangkan pH dalam tubuh Anda, terutama jika Anda sering mengonsumsi daging, keju atau alkohol. 4. Membantu Detoks Air lemon adalah diuretik alami, yang mampu menyingkirkan racun dari dalam tubuh. Asam sitrat di dalamnya juga dapat membantu memaksimalkan enzim yang merangsang fungsi hati. 5. Energizer Kombinasi air dan lemon akan membantu mengoksidasi darah, dan ini membuat Anda segar. 6. Menjaga Kulit Cantik Dehidrasi kronis dapat membuat kulit tampak kusam. Vitamin C dalam lemon dapat menjaga kesehatan kulit dan merupakan antioksidan yang dapat memerangi penuaan.

7 Tips Bisnis dari Rheinald Khasali

7 Tips Bisnis dari Rheinald Khasali

12-07-2014 (806 views)

KOMPAS.com - Dalam buku terbarunya, Wirausaha Muda Mandiri, Rheinald Khasali merangkum pengalaman beberapa wirausaha muda sukses. Termasuk tip sukses mereka. Silakan simak, siapa tahu Anda bisa belajar darinya.

Tips Memulai Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil

Tips Memulai Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil

12-07-2014 (1033 views)

Untuk memulai bisnis rumahan ternyata bisa menggunakan modal yang minim. Hal ini dikarenakan biaya untuk memulainya lebih murah daripada bisnis biasa. Umumnya untuk bisnis biasa yang dilakukan di kantor ataupun bisnis di toko memiliki biaya yang cukup banyak dan terhitung secara bulanan. Namun bagi bisnis rumahan hal ini tidak berlaku.

Logo 4
Logo 6
Logo 7
Logo 8
Logo 10
Logo 11
Logo 12
Logo 13
Logo 14
Logo 15
Logo 16
Logo 1
Logo 2
Logo 3